Belum Banyak Pesaing! 8 Ide Peluang Usaha di Desa, Laba Jutaan Sampai Milyaran


Jangan bersedih meski tinggal di desa yang jauh dari gemerlap kesenangan ibukota, karena kamu tetap bisa berinovasi dan sukses di kampung halaman.

Banyak sekali kelebihan dengan memulai usaha di desa, kamu tidak perlu meninggalkan kampung halaman dan menjadi perantauan agar bisa bekerja kantoran.

Karena dengan mencari nafkah di desa, dapat berpeluang besar karena pasar yang akan kamu jangkau jauh lebih luas. Tentu saja, pesaing atau pun kompetitor tidak sebanyak di kota.

Maka dari itu, penting untuk terus berinovasi dan membuat suatu usaha dengan konsep berbeda di wilayah pedesaan yang penjabarannya dikupas di artikel ini.

Semoga 9 ide usaha desa yang belum banyak pesaing ini dapat memberimu inspirasi, dalam meningkatkan laba dan pemasukan dimulai dari puluhan juta hingga milyaran rupiah.


8 Ide Usaha Desa Laba Besar

Dengan menjalankan salah satu ide usaha di bawah ini, kamu dapat berpenghasilan Rp500ribu setiap harinya dengan akumulasi jutaan hingga miliaran per bulan.


1. Pengolahan Minyak Jelantah

Minyak Jelantah adalah minyak goreng bekas pakai, dimana kamu dapat mengolahnya dengan teknologi agar memiliki nilai ekonomi tinggi.

Berdasarkan artikel yang dipublikasikan Kompas, bahwa minyak jelantah bisa jadi bahan baku pembuatan Biodiesel dan sabun batang hingga berbagai produk lainnya.

Memang, untuk memulai Pengolahan Minyak Jelantah tidak mudah karena kamu butuh riset mendalam dan modal yang tidak sedikit di awal. Namun semua akan terbayar, ketika laba berdatangan.

Tidak hanya itu, sebuah artikel online yang dipublikasikan Tribun Pekanbaru bahwa ada 3 pemuda yang menghasilkan laba ratusan juta per bulan dari menggarap usaha Pengolahan Minyak Jelantah.


2. Pengolahan Limbah Plastik

Ide usaha kedua yaitu Pengolahan Limbah Plastik yang merupakan salah satu jenis pekerjaan menjanjikan, kamu bisa membentuk tim untuk mengumpulkan plastik dan mempelajari cara pengelolaannya jadi barang siap pakai.

Keuntungan yang bisa kamu peroleh dari bisnis Pengolahan Limbah Plastik ini, tidak jauh berbeda dengan Pengolahan Minyak Jelantah. Contohnya di Jawa Tengah, hasil Pengolahan Limbah Plastik diolah jadi produk kerajinan.

Bahkan, keuntungan yang didapatkan dimulai dari angka Rp50 juta sampai milyaran. Selain meraih untung, niat baikmu juga menyelamatkan bangsa karena menjaga kelestarian lingkungan.


3. Membuat Briket Arang

Seperti yang diketahui, Briket Arang sangat berguna untuk segala proses pembakaran. Contohnya ketika hari raya Idul Adha, tradisi bakar daging cukup populer kan?

Begitu juga di hari biasa, akan banyak penjual sate dari berbagai penjuru yang tentunya mencari Briket Arang. Kamu bisa memanfaatkan limbah batok kelapa, untuk membuatnya.

Sebuah artikel yang dipublikasikan detik pada 2021 lalu, menjelaskan bahwa ada seorang ibu-ibu yang berpenghasilan hingga Rp2,5 Miliar dari pembuatan Briket Arang.


4. Jasa Pembuatan Irigasi

Irigasi menjadi suatu proses penting yang harus ada di pedesaan, dengan irigasi yang baik, akan menjaga kondisi sawah dan tentunya dapat menghasilkan panen maksimal sesuai harapan.

Kamu bisa menyediakan sistem irigasi pada daerah yang cukup sulit dijangkau irigasinya, apalagi area pertanian di Indonesia cukup luas dari berbagai aspek dan latar belakang daerah.


5. Jualan Burung Kicau

Kamu dapat mencoba ternak burung kicau sebagai ide usaha berikutnya, apalagi di daerah pedesaan yang masih asri. Dimana, burung-burung lebih nyaman berada di sana.

Tidak perlu ribet-ribet, manfaatkan saja perkarangan rumah sebagai peternakan burung Kicau. Bahkan ada pemuda yang melakukan usaha tersebut dari hobi, kini berpenghasilan Rp60 juta per bulan.


6. Usaha Limbah Serabut Kelapa

Berbeda dengan 6 usaha lain, ide bisnis ini dapat memberimu omset lebih besar karena pasarnya orang luar negeri. 

Sebuah artikel online lainnya, juga mempublikasikan bahwa ada seorang pria yang bernama Yohan Wijaya dan berhasil meraup keuntungan sebesar Rp8 Miliar per tahun dari usaha limbah serabut kelapa ini.


7. Vila Pedesaan

Usaha vila pedesaan bisa kamu mulai jika kamu tinggal di daerah indah dan ramai pengunjung. Contohnya saja di Sumatera Barat, ada Alahan Panjang yang menyajikan keindahan alam maksimal.

Nah, kamu bisa membuat penginapan atau pun sejenisnya agar orang yang berkunjung memiliki tempat istirahat saat melepas penat. Kamu bisa menyulap tempat tinggal sederhana, menjadi rumah tinggal yang sederhana.


8. Reseller Produk Kesehatan & Kecantikan

Menjual produk kesehatan dan kecantikan tidak hanya bisa dilakukan di kota saja, tapi juga di desa karena orang desa juga butuh sehat dan cantik. 

Tapi memang market desa tidak bisa jualan produk yang mahal. Nah, kabar baiknya, ada perusahaan BASU yang menyediakan produk kesehatan dan kecantikan mudah tapi berkualitas.

Tidak seperti ide usaha nomer 1-7 yang perlu modal besar di awal, join Reseller BASU ini hanya perlu modal kecil sekali yaitu Rp100ribu, dimana Anda sudah punya hak usaha sekaligus produk senilai Rp100ribu juga yang bisa kamu pakai sendiri atau dijual lagi.

Apalagi di BASU juga ada edukasi bagaimana menjalankan usaha secara offline maupun online, materi jualannya juga banyak, selalu update setiap hari sehingga kamu tidak akan kehabisan materi jualan.

Info selengkapnya tentang join Reseller BASU ini bisa Anda dapatkan di www.basu.one atau kontak kami DI SINI.


Itulah 8 peluang sebagai ide bisnis yang bisa kamu jalankan jika tinggal di desa karena belum banyak pesaingnya, bahkan keuntungan yang kamu raup hingga miliaran rupiah!

Referensi: https://valoranews.com/berita/23382/belum-banyak-pesaing-ini-8-ide-usaha-desa-laba-jutaan-sampai-milyaran.html/halaman/1/

{fullWidth}